Mentoring Basis Laskar Nasional perkuat Organisasi


    

Lebak Maja, SPNkomplainmedia - Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional  Kab Serang, adakan Pelatihan Mentoring Basis Laskar Nasional Kab Serang pada Minggu ( 09/01 ) di Training Center Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Nasional ( TC DPP SPN ) Lebak Maja.

      Kegiatan ini diikuti oleh para Taruna /  Taruni Laskar dari PSP SPN Nikomas Gemilang : 12 Taruna/ni, PSP SPN PT Eagle Nice Indonesia : 14 Taruna/ni, PSP SPN PT PWI 1 sebanyak :4 Taruna/ni jadi total peserta Diklat Mentoring Basis Laskar Nasional Kab Serang adalah 32 Anggota Laskar.

      Tepat pukul 09.00 Wib Diklat ini resmi di buka oleh Masriyadi SE selaku Pembina Laskar Nasional Kab Serang dan di Organisasi di Bidang P3SDO ( Penggalian, Potensi dan Pengembangan Sumber Daya Organisasi ). Dalam sambutannya Masriyadi sampaikan bahwa Laskar di bentuk karena kebutuhan Organisasi. Selain tugas pokoknya menjaga dan melindungi kedaulatan Organisasi, Laskar juga menjadi pemersatu antar sesama Anggota di masing-masing Basis maupun di Lintas Basis Organisasi.'tegasnya. 

 Hadir pula Asep Saepulloh SH MM selaku Ketua DPC SPN Kab Serang untuk memberikan support kepada peserta Diklat DPC SPN Kab Serang.

      Rubil selaku Dancab ( Komandan Cabang ) DPC SPN Kab Serang yang biasa di panggil Arjuna Ireng sapaan akrabnya. Kalau tidak kenal maka tak sayang, kalau tak sayang bagaimana solidaritas, soliditas dan jiwa Korsa ini bisa terbentuk.'ujarnya. karena Laskar adalah ujung tombak majunya Organisasi. Satu Anggota Laskar di sakiti maka seluruh Anggota akan merasakannya. Maka inilah pentingnya materi perkenalan di setiap Diklat Laskar Nasional Kab Serang.

   Untuk season kedua diisi oleh Tantra Riswanto selaku komandan Cabang ( Dancab ) dari DPC SPN Kab Serang dan di Organisasi sebagai Wakaur Investasi dan Monitoring PSP SPN Nikomas Gemilang memberikan materi tentang Garis koordinasi yaitu : Pangkomnas ( panglima komando nasional ), Pangkomda ( Panglima komando daerah ) Panglima Cabang, dan Panglima basis yang  juga tugas Laskar Nasional Kab Serang. Selain keempat tugas Laskar Nasional yaitu 1. Menjaga kedaulatan Organisasi

 2. Menjaga Pimpinan dan fungsionaris Organisasi

 3. Menjaga solidaritas dan soliditas Anggota Organisasi.

     Seluruh Anggota Laskar Nasional juga harus punya 4 R karena itu punya makna yang berkesinambungan dengan tugas pokok Laskar Nasional yaitu : Raga, Rasio, Rasa dan Rohani. Jika kedua substansi ini sudah ada dan tertanam di personal Taruna dan Taruni Laskar Nasional Kab Serang.'imbuhnya.

 Selanjutnya materi Baris-berbaris yang di paparkan oleh Mistriani Palupi Dancab DPC SPN Kab Serang dan koordinator Laskar Nasional di PSP SPN Nikomas Gemilang. Palupi memberikan materi dasar baris-berbaris yaitu 12 gerakan dan 3 perintah dalam PBB ( peraturan baris-berbaris ). Satu demi satu gerakan di peragakan Palupi untuk diikuti dan di peragakan pula oleh semua Taruna-taruni Laskar Nasional Kab Serang. Karena wajib bagi Anggota Laskar Nasional harus menguasai PBB.'tegasnya.

     Di akhir Diklat Mentoring Basis Laskar Nasional, peserta Diklat diajak bermain fun-game. Di sini Taruna-taruni Laskar Nasional di tuntut untuk mendahulukan kepentingan bersama ketimbang kepentingan pribadi, mengedepankan kerjasama team daripada ego pribadi, Fun-game ini juga melatih kesabaran, fokus, cekatan, dan disiplin tinggi. Itulah yang harus tertanam di jiwa Anggota Laskar Nasional Kab Serang. Jika semua itu sudah di miliki para Taruna / Taruni Laskar Nasional maka bisa di pastikan bisa menjalankan tugas dan Fungsinya dengan baik sesuai dengan tujuan awal di bentuknya Laskar Nasional.

    Sebelu Asep Saepulloh SH MM menutup Kegiatan Diklat Mentoring Basis Laskar Nasional, Asep menanyakan seberapa kenal dan dekat kawan-kawan Laskar satu dengan yang lainnya. Karena kalau tidak saling kenal bagaimana kita bisa membangun rasa emosional diantara Anggota Laskar Nasional. Nuril Huda salah satu Anggota Laskar Nasional dari PSP SPN Nikomas Gemilang berhasil menjawab pertanyaan yang di lontarkan ketua DPC SPN Kab Serang. Nuril Huda mampu menyebutkan 13 Taruna / Taruni dari PSP SPN selain dari Nikomas. Ini membuktikan bahwa emosional diantara mereka sudah mulai terbangun, Asep Saepulloh SH MM memberikan apresiasi yang tinggi untuk Taruna Nuril Huda sampai-sampai ketua DPC rela menggendong Nuril Huda sebagai bentuk apresiasi sekaligus door prize nya.(Agus_SKM)